UNMER MALANG TERAPKAN KOLAM LELE DENGAN LISTRIK ENERGI SURYA

Untuk kesekian kalinya Universitas Merdeka (UNMER) Malang mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat yaitu Unmer Membangun Desa (UMD). Merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh dosen yang melibatkan keikutsertaan mahasiswa dan kemitraan sebagai salah satu perwujudan dari Tridharma Perguruan Tinggi dan relevan dengan visi, misi, rencana strategis yang dimiliki Universitas Merdeka Malang.

Kegiatan UMD ini merupakan Program Hibah Pengabdian Masyarakat yang didanai oleh Universitas Merdeka Malang melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat tahun anggaran 2023. Ketua tim pengabdi dari dosen teknik elektro yaitu Aries Boedi Setiawan,S.T., M.M. yang beranggotakan M. Riza Fauzy,S.T., M.MT. dan Abdul Rozaq, S.Pd.I., M.Pd. menggandeng Tim Penggerak PKK Kelurahan Dinoyo Kota Malang menerapkan teknologi aerasi kolam dengan menggunakan listrik yang dihasilkan dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Suatu metode yang diterapkan pada budidaya ikan lele untuk meningkatkan oksigen terlarut dalam air yang meningkatkan kualitas air kolam. Dengan cara ini kesehatan, pertumbuhan dan kelangsungan hidup ikan lele menjadi meningkat. Dalam pelaksanaannya menerapkan teknologi canggih untuk mengoptimalkan pengelolaan sumber daya pangan pada lahan terbatas.

Lebih lanjut, Dosen Teknik Elektro mengatakan tidak hanya mitra, tetapi juga elemen masyarakat yang lain seperti Karang Taruna dan warga setempat yang berperan aktif dalam kegiatan UMD ini. Mulai dari merakit PLTS, menebar benih, memantau kualitas air dan pertumbuh kembangan hingga memanen ikan lele hasil jerih payah mereka. Mitra dan masyarakat juga mendapat pelatihan dan pendampingan dalam mengoperasionalkan Pembangkit Listrik Tenaga Surya dan membesarkan lele menggunakan aerasi kolam ini. “Peningkatan keterampilan dan penguasaan teknologi maju merupakan bentuk pemberdayaan berkesinambungan dan mandiri berbasis masyarakat.” pungkas Aries.