Tim Robot Teknik Elektro UNMER Malang Bertanding di Jepang.

2022 SMART Open merupakan kompetisi robot tahunan yang diselenggarakan oleh Tokushima University, Jepang. Kompetisi berupa robot otomatis yang dapat bergerak yang dibuat secara bebas menggunakan LEGO Mindstorms. Robot dikreasikan secara bebas agar bisa melewati rintangan yang diberikan. Robot diharuskan memasukkan bola kedalam cup gelas dengan rintangan track yang sudah disediakan oleh panitia.

Robot dari Teknik Elektro UNMER di arena pertandingan

Ada tiga kategori yang diperlombakan dalam 2022 SMART Open, yaitu kategori umum, kategori U-18 dan kategori U-15. Perlombaan 2022 SMART Open diikuti oleh berbagai negara dari tingkat sekolah menegah pertama hingga universitas. 2022 SMART Open diselenggarakan pada Sabtu, 26 November 2022 pada pukul 02:00 pm Malaysian Time atau pukul 13:00 Waktu Indonesia Barat. Pertandingan diselenggarakan online.

Perlombaan diadakan melalui online

Teknik Elektro Universitas Merdeka Malang mengirimkan 2 tim dalam kategori umum, yaitu tim BATHARA 1 dan BATHARA 2. Berikut nama mahasiswa yang mengikuti perlombaan:

BATHARA 1
HAITSAM
MOCH. ADITYA RIZKY F.
RAIHAN ATTHARIQ WAHYONO

BATHARA 2
KRISDIANTO
FAJJAR BAHARI
RICO ADE IRANA PUTRA

Robot harus memasukkan bola pada gelas yang sudah ditentukan sembari menghindari rintangan yang ada, dan bola yang berhasil masuk akan mendapat poin, masing masing gelas memliliki poin yang berbeda, sehingga setiap tim harus mengatur strategi bertanding yang paling efektif. durasi pertandingan dibatasi selama 3 menit. Tim yang keluar sebagai juara pada 2022 SMART Open kategori umum yaitu tim Yasuno Suzuki Lab dari Tokushima University, Jepang. Dari kompetisi ini, harapannya agar tim Robot Universitas Malang dapat terus berkembang dan dapat mendapatkan hasil yang lebih baik kedepannya.