Jember, 25 Februari 2025 – Program Studi Teknik Elektro Universitas Merdeka Malang (Unmer) melakukan studi banding ke Program Studi Teknik Elektro Universitas Jember (UNEJ) dan PT Sinergi Gula Nusantara Pabrik Gula (PG) Semboro di Jember. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bagian dari upaya pengembangan kurikulum serta peningkatan tata kelola laboratorium di lingkungan Teknik Elektro Unmer dan kunjungan industri
Dalam studi banding tersebut, rombongan Unmer diterima dengan hangat di UNEJ oleh Wakil Dekan I Bidang Akademik Fakultas Teknik, serta Ketua Prodi Teknik Elektro serta sejumlah dosen dan staf pengajar. Khairul Anam, S.T., M.T., Ph.D memaparkan penerapan Kurikulum Outcome-Based Education (OBE) yang diterapkan di Teknik Elektro UNEJ. OBE adalah pendekatan kurikulum yang berfokus pada pencapaian hasil belajar yang jelas dan terukur, dengan penekanan pada kompetensi yang harus dikuasai oleh mahasiswa
Setelah kegiatan di UNEJ, rombongan melanjutkan kunjungan ke SGN PG Semboro, sebuah pabrik gula yang terletak di kawasan Jember. Di PG Semboro, rombongan disambut oleh para Asisten Manager. Para dosen dan staf diajak untuk melihat langsung proses produksi gula yang melibatkan teknologi tinggi, serta mendapatkan penjelasan mengenai pembangkitan daya listrik yang digunakan dalam proses produksi gula di pabrik tersebut.
Selain itu, dalam kunjungan ke PG Semboro, juga didiskusikan tentang peluang magang industri bagi mahasiswa Teknik Elektro Unmer. Para pihak yang hadir membahas pentingnya kerjasama antara perguruan tinggi dan industri dalam menyediakan kesempatan magang bagi mahasiswa. Magang di industri, seperti di PG Semboro, memberikan mahasiswa kesempatan untuk terlibat langsung dalam proyek nyata dan mengaplikasikan pengetahuan yang didapatkan di bangku kuliah ke dalam dunia kerja. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan praktis mahasiswa dan memperluas wawasan mereka tentang tantangan yang ada di industri.
Diharapkan, hasil dari studi banding ini dapat menjadi acuan bagi Teknik Elektro Unmer untuk terus melakukan pembaruan dan pengembangan, baik dalam kurikulum pendidikan maupun dalam pengelolaan laboratorium yang lebih efektif dan relevan dengan kebutuhan industri masa kini.





