ELEKTRO MENGABDI: Pemanfaatan Sistem Monitoring dan Pengontrol pH Untuk Pengolahan Limbah Cair Industri Tempe

Pada hari Jum’at, 26 Juli 2024, Tim Pengabdian Masyarakat Teknik Elektro UNMER Malang yang diketuai oleh Elta Sonalitha, S.Kom., M.T., yang beranggotakan Bashita Febrinda Hidayatulail, S.ST., M.T., Abdul Rozaq, S.Pd.I, M.Pd. dan Ir. Nachrowie, S.T., M.Sc., melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di Kecamatan Kepanjen bersama unit industri rumahah Tempe Racing. Tim ini terdiri dari dosen dan mahasiswa Teknik Elektro UNMER Malang yang berfokus pada membantu masyarakat sekitar.

Unit industri rumahan tempe racing ini mengolah kedelai menjadi tempe yang siap goreng. Dalam pengolahan kedelai menjadi tempe dihasilkan limbah yang berbahaya, bau dan sulit diserap tanah. Akhirnya membuat lingkungan sekitar tercemar.

Untuk mengatasi masalah ini, Tim Pengabdian Masyarakat Teknik Elektro UNMER Malang merancang dan membuat sistem monitorin9 dan pengontrol pH yang nantinya limbah tempe tersebut menjadi ramah lingkungan untuk dibuang.

Alat monitoring dan pengontrol pH ini dibuat oleh dosen dan mahasiswa Teknik Elektro UNMER Malang bekerja dengan cara melakukan beberapa kali filter dan penambahan pH yang cocok untuk diserap tanah dan tidak mencemari lingkungan

Diharapkan dengan adanya pengabdian masyarakat ini, produksi usaha tempe dapat meningkatkan perekonomian dan mengurangi pencemaran lingkungan didaerah sekitar.